Menu

Empat Syarat Jadi Manusia Politik

UMK – Sebagai salah satu ‘’legenda’’ aktivis mahasiswi di tanah air, nama Budiman Sudjatmiko tentu tidak asing. Tak heran, di setiap forum yang dihadirinya, selalu dipenuhi oleh peserta.

Hal itu terlihat pula saat ia berkesempatan hadir sebagai narasumber diskusi dan bedah buku “Mendidik Pemimpin dan Negarawan: Dialektika Filsafat Pendidikan Plato dari Yunani Antik hingga Indonesia’’ di ruang seminar lantai IV Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus (UMK), Kamis siang (4/12/2014). Diskusi bedah buku tersebut merupakan rangkaian kegiatan bedah buku A. Setyo Wibowo (penulis dan dosen STF Driyarkara) di beberapa Perguruan Tinggi, termasuk di UMK yang diselenggarakan kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Deklarator Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang dipenjara pemerintah Orde Baru dan divonis 13 tahun penjara karena dianggap sebagai dalang insiden peristiwa 27 Juli 1996, ini didaulat menjadi narasumber bersama A. Setyo Wibowo dan Edy Supratno (sejarahwan).

Tesis menarik pun dilontarkan dalam kesempatan itu. Bahwa di Indonesia yang banyak bukan manusia politik, tetapi politisi. ‘’Politisi, hanya punya hasrat berkuasa. Belum tentu punya ide, punya empati, dan tidak memiliki tradisi berorganisasi. Manusia politik tidak begitu, dan kita harus jadi manusia politik,’’ tegasnya.

Penulis buku "Anak-Anak Revolusi" ini pun menyebutkan, ada empat syarat wajib yang mesti dimiliki manusia politik. Empat syarat itu adalah mencintai ide dan bisa memproduksi ide, punya empati pada rakyat jelata, punya tradisi berorganisasi, dan punya hasrat berkuasa.

‘’Kalau punya tiga hal di atas tetapi tida memiliki satu yang paling belakang, yakni hasrat berkuasa, maka jadi aktivis LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat-Red) saja,’’ ujarnya yang disambut senyum peserta diskusi. ‘’Di luar ini, manusia politik juga mesti memiliki kemampuan retorika,’’ lanjutnya.(Eros-Portal)

Perpustakaan UMK Menantangmu

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 20.5%
Warna - 18.2%
Menu - 13.6%
Tata Letak - 36.4%
Tidak Ada - 11.4%

Total votes: 44

Pengunjung

00315442
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
221
2514
7585
305608
14319
10380
315442

IP: 54.162.218.214
Jam Server: 2017-09-22 09:43:19

Kami memiliki 41 tamu online

Lihat Universitas Muria Kudus di peta yang lebih besar

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia
Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI

Scan this QR Code!
Go to top