Menu

Laporkan Hasil Riset dengan Jurnal dan Buku

KUDUS – Ada pelajaran menarik yang bisa diambil dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terkait pelaporan hasil riset (penelitian) yang dilakukan dosen. Laporan riset tidak sekadar  administratif, tetapi harus terpublikasi di jurnal terakreditasi atau diterbitkan menjadi sebuah buku.
Hal itu disampaikan guru besar Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Prof. Dr. Irwan Abdullah saat berbincang dengan H. Sofyan Hadi LC MA dan H. Nur Said MA (pengasuh pondok pesatren entrepreneur Al-Mawaddah) serta Rosidi (staf Humas Universitas Muria Kudus/UMK), Rabu (12/11/2014).

‘’Di UGM, laporan hasil riset tidak boleh sekadar admisnitratif saja, melainkan harus terpublikasi di jurnal terakreditasi atau terbit jadi buku. Minimal, sudah ada statemen dari penerbit mengenai kejelasan publikasinya hasil riset tersebut,’’ ujarnya dalam diskusi santai di kediaman pengasuh pesantren Al-Mawaddah.

Menurut Irwan, budaya pelaporan hasil riset dengan mempublikasikannya di jurnal terakreditasi atau terpublikasi dalam sebuah buku, ini menjadi hal yang sangat baik, sekaligus sebagai manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

‘’Pelaporan hasil riset seperti ini, tentunya akan membangun sistem yang kondusif. Selain menjadi sebuah karya yang diakui, ini juga akan berdampak baik bagi peningkatan jabatan (pangkat) peneliti (dosen) terkait,’’ katanya.

H. Sofyan Hadi mengemukakan, budaya pelaporan hasil riset melalui penerbitan di jurnal terakreditasi atau terbit menjadi sebuah buku sebagaimana dilakukan di UGM, menjadi pembelajaran menarik bagi perguruan tinggi lain.

‘’Model pelaporan hasil riset sebagaimana dipraktikkan UGM, sangat menarik jika bisa iadopsi perguruan tinggi lain, karena banyak manfaat yang bisa didapat para dosen dengan model pelaporan seperti ini,’’ tutur alumnus Universitas Al-Azhar Mesir yang kini sedang menyelesaikan studi doktoral di IAIN Walisongo Semarang. (Eros-Portal)

Perpustakaan UMK Menantangmu

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 20.5%
Warna - 18.2%
Menu - 13.6%
Tata Letak - 36.4%
Tidak Ada - 11.4%

Total votes: 44

Pengunjung

00315429
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
208
2514
7572
305608
14306
10380
315429

IP: 54.162.218.214
Jam Server: 2017-09-22 09:40:54

Kami memiliki 28 tamu online

Lihat Universitas Muria Kudus di peta yang lebih besar

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia
Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI

Scan this QR Code!
Go to top