Menu

Kompetensi Lulusan Bimbingan Konseling S1

A. Kompetensi Utama  :

  1. Menguasai teori dan praksis pendidikan
  2. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
  3. Menguasai esensi pelayanan Bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
  4. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  5. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih
  6. Menunjukkan integritasdan stabilitas kepribadian yang kuat
  7. Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
  8. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat kerja
  9. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi Bimbingan dan konseling
  10. Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi
  11. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli
  12. Menguasai kerangka teoretik dan praksis Bimbingan dan konseling.
  13. Merancang program Bimbingan dan konseling
  14. Mengimplementasikan program Bimbingan dan konseling yang komprehensif
  15. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan konseling
  16. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
  17. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam Bimbingan dan konseling
  18. Menganalisa permasalahan bimbingan dan konseling
  19. Mendesain penelitian
  20. Melakukan penelitian untuk peningkatan kualitas pelayanan bimbingan dan konseling
  21. Mampu menggunakan macam-macam instrumen pemahaman individu
  22. Mampu menganalisis macam-macam hasil instrumen pemahaman individu
  23. Mampu menginterpretasi hasil instrumen pemahaman individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling
  24. Mampu menerapkan hasil instrumen pemahaman individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling


B. Kompetensi Pendukung    :

  1. Menyikapi  educational policy dan sistem di Indonesia
  2. Memiliki jiwa pemimpin
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
  5. Kreatif dan inovatif
  6. Bersikap kritis, teliti, dan rasional
  7. Memiliki keuletan
  8. Mengikuti perkembangan penelitian
  9. Menguasai teori penelitian
  10. Berkepribadian altruistik
  11. Mengikuti perkembangan penelitian di bidang bimbingan dan konseling
  12. Menguasai teori penelitian di bidang bimbingan dan konseling
  13. Mampu menguasai pemahaman individu teknik nontes
  14. Mampu menguasai pemahaman individu teknik tes

 

C. Kompetensi Lainnya    :

  1. Mampu memotivasi siswa
  2. Berpenampilan rapi
  3. Berakhlak mulia
  4. Memiliki kepercayaan diri
  5. Memiliki keuletan
  6. Bersikap kritis, teliti, dan rasional
  7. Memiliki ketelitian
  8. Memiliki kedisiplinan

 

Tabel 1. Hubungan Profil Lulusan dengan Kompetensi Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling

No.

PROFIL

KOMPETENSI YANG HARUS DIPUNYAI

KOMPETENSI

UTAMA

PENDUKUNG

LAINNYA

1

KONSELOR SEKOLAH

Menguasai teori dan praksis pendidikan

menyikapi  educational policy dan system di Indonesia

mampu memotivasi siswa

Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli

memiliki jiwa pemimpin

berpenampilan rapi

Menguasai esensi pelayanan Bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan

mampu berkomunikasi dengan baik

berakhlak mulia

Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan

memiliki kepercayaan diri

Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih

kreatif dan inovatif

memiliki jiwa kewirausahaan

Menunjukkan integritasdan stabilitas kepribadian yang kuat

bersikap kritis, teliti, dan rasional

 

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi

memiliki keuletan

 

Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat kerja

 

 

Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi Bimbingan dan konseling

mengikuti perkembangan penelitian

 

Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi

menguasai teori penelitian

 

Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuh-an, dan masalah konseling

Berkepribadian altruistik

 

Menguasai kerangka teoretik dan praksis Bimbingan dan konseling

 

 

Merancang program Bimbingan dan konseling

 

 

Mengimplementasikan program Bimbingan dan konseling yang komprehensif

 

 

Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan konseling.

 

 

Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional

 

 

Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam Bimbingan dan konseling

 

 

2

PENELITI BIDANG PENDIDIKAN,  BIMBINGAN DAN KONSELING

menganalisa permasalahan bimbingan dan konseling

mengikuti perkembangan penelitian di bidang bimbingan dan konseling

memiliki keuletan

mendesain penelitian

menguasai teori penelitian di bidang bimbingan dan konseling

bersikap kritis, teliti, dan rasional

melakukan penelitian untuk peningkatan kualitas pelayanan bimbingan dan konseling

 

 

3

ANALIS  PSIKOLOGI DAN BIMBINGAN/KONSELING

mampu menggunakan macam-macam instrumen pemahaman individu

mampu menguasai pemahaman individu teknik nontes

memiliki ketelitian

mampu menganalisis macam-macam hasil instrumen pemahaman individu

 

 

mampu menginterpretasi hasil instrumen pemahaman individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling

mampu menguasai pemahaman individu teknik tes

memiliki kedisiplinan

mampu menerapkan hasil instrumen pemahaman individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling

 

 

 


Tabel. 2. Kaitan Rumusan Kompetensi dengan Elemen Kompetensi

 KELOMPOK KOMPETENSI

RUMUSAN KOMPETENSI

ELEMEN

KOMPETENSI*

a

b

c

d

e

UTAMA (A)

A. 1

Mampu menggunakan bahasa Inggris secara reseptif (merespon)

 

 

 

A.2

Mampu menggunakan bahasa Inggris secara produktif (mengungkapkan)

 

 

 

A.3

Mampu menerjemahkan dengan baik dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya

 

 

A.4

Mampu menggunakan kosa kata bahasa Inggris dengan baik dan berterima

 

 

A.5

Mampu menggunakan tata bahasa Inggris dengan baik dan berterima

 

 

 

A.6

Mampu merespon dengan benar terhadap situasi yang menimbulkan kesalahpahaman antar budaya 

 

 

A.7

Mampu menganalisis unsur-unsur lingual secara struktural dan transformasional

 

 

 

A.8

Mampu menganalisis pemakaian bahasa Inggris sesuai dengan faktor-faktor sosial

 

 

A.9

Menganalisis berbagai jenis teks

 

 

 

A.10

Mampu merespon isu-isu profesi kependidikan di Indonesia

 

 

A.11

Mampu mendesain pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajar muda

 

 

A.12

Mampu mendesain pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajar dewasa

 

 

A.13

Mampu melaksanakan pembelajaran mikro bahasa Inggris

 

 

A.14

Mampu memanfaatkan media ICT untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris

 

 

 

A.15

Mampu mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris

 

 

A.16

Mampu melakukan penelitian kuantitatif

 

 

A.17

Mampu melakukan penelitian kualitatif

 

 

A.18

Mampu melakukan classroom action research

 

 

 

A.19

Mampu menggunakan bahasa Inggris dasar untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan akademik

 

 

A.20

Mampu menggunakan bahasa Inggris dalam pelajaran selain bahasa Inggris

 

 

A.21

Mampu melaksanakan peran sebagai guru dalam lingkup sekolah

 

 

PENDUKUNG (B)

B.1

Memiliki jiwa pemimpin

 

B.2

Mampu berkomunikasi dengan baik

 

 

 

B.3

Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan

 

B.4

Kreatif dan inovatif

 

B.5

Bersikap kritis, teliti, dan rasional

 

 

 

B.6

Memiliki keuletan

 

 

 

B.7

Mengikuti perkembangan penelitian

 

 

 

B.8

Memiliki wawasan yang luas mengenai beragam institusi dan praktek pendidikan di Indonesia

 

 

 

 

B.9

Mampu memotivasi siswa

 

 

LAINNYA (C)

C.1

Memiliki wawasan yang luas mengenai beragam institusi dan praktek pendidikan di Indonesia

 

 

 

C.2

Berpenampilan rapi

 

 

 

C.3

Berakhlak mulia

 

 

 

C.4

Memiliki kepercayaan diri

 

 

C.5

Memiliki jiwa kewirausahaan

 

 

 

C.6

Memiliki ketelitian

 

 

 

C.7

Bersikap kritis, teliti, dan rasional

 

 

 

 

C.8

Memiliki keuletan

 

 

 

 

 

C.9

Memiliki kedisiplinan

 

 

 

 

 

KOMPETENSI UTAMA                22
KOMPETENSI PENDUKUNG       8
KOMPETENSI LAIN                      7
 
Keterangan: * Beri tanda √ pada kolom yang sesuai
a = landasan kepribadian; b = penguasaan ilmu dan keterampilan; c = kemampuan berkarya; d = sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai; e = pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
 
 

Tabel 3. Struktur Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1)

STRUKTUR KURIKULUM KBK  PRODI BK

TAHUN AKADEMIK 2010/2011

 

SEMESTER 1 (20 SKS)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 101

Pendidikan Pancasila

2

PBK 103

Ilmu Budaya Dasar (IBD)

2

PBK 105

Belajar dan Pembelajaran

4

PBK 107

Bahasa Indonesia

2

PBK 109

Ilmu Kependidikan

10

 

JUMLAH

20

 

SEMESTER 2 (22 sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 102

Pendidikan Agama

2

PBK 104

Pendidikan Kewarganegaraan

2

PBK 106

Filsafat Ilmu

2

PBK 108

Profesi Bimbingan dan Konseling

6

PBK 110

Dasar dan Landasan Bimbingan dan Konseling

8

PBK 112

Bahasa Inggris

2

 

JUMLAH

22

 

SEMESTER 3 (22 sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 201

Perkembangan Peserta Didik

4

PBK 203

Pemahaman Individu

8

PBK 205

Pemahaman Tingkah Laku

4

PBK 207

Psikologi Perkembangan Sepanjang Hayat

6

 

JUMLAH

22

 

SEMESTER 4 (22 Sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 202

Konseling

10

PBK 204

Bimbingan dan Konseling Kelompok

6

PBK 206

Analisis Pengubahan Tingkah Laku

6

 

JUMLAH

22

 

SEMESTER 5 (22 Sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 301

Pelayanan Bimbingan dan Konseling

8

PBK 303

Praktek Pelayanan Bimbingan dan Konseling

8

PBK 305

Penelitian Pendidikan

6

 

JUMLAH

22

 

SEMESTER 6 ( 18 Sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 302

Statistik

4

PBK 304

BK Seting Luar Sekolah

4

PBK 306

Teknologi Bimbingan dan Konseling

4

PBK 308

Konseling Lintas Budaya

6

 

JUMLAH

18

 

SEMESTER 7 ( 14 Sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 401

PPL Bimbingan dan Konseling

2

PBK 403

PPL Bimbingan dan Konseling di Luar Sekolah

2

PBK 405

KKL

2

PBK 407

KKN

2

PBK 500

Skripsi

6

 

JUMLAH

14

 

SEMESTER 8 (6 Sks)

KODE

MATA KULIAH

SKS

PBK 407

Studi Kasus Bimbingan dan Konseling

6

Jumlah  : 146 sks

Perpustakaan UMK Menantangmu

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 20.5%
Warna - 18.2%
Menu - 13.6%
Tata Letak - 36.4%
Tidak Ada - 11.4%

Total votes: 44

Pengunjung

00318323
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
191
182
373
307857
17200
10380
318323

IP: 54.156.67.164
Jam Server: 2017-09-25 13:08:04

Kami memiliki 60 tamu online

Lihat Universitas Muria Kudus di peta yang lebih besar

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia
Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI

Scan this QR Code!
Go to top