Menu

Peserta KKN Posdaya Ikuti Pembekalan

UMK – Sebanyak 865 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya gelombang II tahun 2014/2015, mengikuti pembekalan yang dilaksanakan di Auditorium, Kamis (19/12/2014).

KKN Posdaya gelombang II ini akan menempati 51 desa di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, yakni Kecamatan Jepara (Kota), Kecamatan Tahunan, Kecamatan Pakis Aji, dan Kecamatan Bangsri.

Sekretaris II KKN Posdaya UMK 2014/2015 Anggit Wicaksono SH. MH., mengatakan, KKN tematik Posdaya ini akan berlangsung pada 15 Januari – 15 Februari 2015 mendatang. ‘’Pembakalan dibuka oleh Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS,’’ katanya.

Rektor Dr. Suparnyo SH. MS. dalam sambutannya berharap, peserta KKN bisa menjalankan tugas dengan baik serta mampu merealisasikan program yang bertumpu pada empat pilar, yakni lingkungan hidup, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

‘’Jadikan KKN Posdaya ini sebagai laboratorium hidup. Sebab, dengan mengikuti kegiatan KKN seperti ini, mahasiswa bisa banyak belajar kepada masyarakat secara langsung,’’ tegas Rektor.

Dalam pembekalan ini, hadir Eriza Rudi Yulianto (Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara), Suhendro (Camat Jepara Kota), Eko Kasiyono (Camat Pakis Aji), Ratib Zaini (Camat Tahunan), dan Sumardi (Camat) Bangsri.

Berdayakan Masyarakat

Sri Indarsih, peserta KKN Posdaya yang akan menempati salah satu desa di wilayah Kecamatan Pakis Aji, mengemukakan, kegiatan KKN yang akan diikutinya sangat penting baik sebagai mahasiswa yang mesti belajar banyak kepada masyarakat maupun membantu program pemberdayaan masyarakat di sisi lain.

‘’Dari pembekalan ini kami jadi semakin tahu, bahwa masyarakat desa membutuhkan banyak dukungan untuk membedayakan berbagai potensi yang dimiliki,’’ ujarnya.

Sebagaimana diamini Resa Budi Ratnawati, mahasiswa Program Studi (Progdi) Bimbingan dan Konseling (BK) ini menuturkan, dirinya tergerak untuk membuat semacam lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) bagi masyarakat.

‘’Ini baru rencana, dan tentunya harus dimatangkan dengan peserta satu tim (Posko). Yang jelas, jika disepakati, kami akan menggandeng para aktivis pemuda di tempat kami KKN, baik itu dari Karang Taruna maupun IPNU-IPPNU,’’ tuturnya.

Sumardi, Camat Bangsri, menaruh harapan besar kepada mahasiswa UMK yang akan diterjunkan KKN di wilayah kecamatan yang dipimpinnya. ‘’Semoga mahasiswa bisa ikut membatu memberdayakan masyarakat, khususnya di bidang sarana dan prasarana (Sarpras).’’
 
Ia yang menjabat sebagai Camat Bangsri sejak 2011, berpesan, para mahasiswa supaya bisa beradaptasi dengan masyarakat yang memiliki beragam karakter. ‘’Selain itu, ikuti petunjuk dosen pendamping, agar program yang diagendakan bisa terlaksana,’’ katanya. (Eros-Portal)

Perpustakaan UMK Menantangmu

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 20.5%
Warna - 18.2%
Menu - 13.6%
Tata Letak - 36.4%
Tidak Ada - 11.4%

Total votes: 44

Pengunjung

00318266
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
134
182
316
307857
17143
10380
318266

IP: 54.156.67.164
Jam Server: 2017-09-25 12:54:03

Kami memiliki 3 tamu online

Lihat Universitas Muria Kudus di peta yang lebih besar

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia
Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI

Scan this QR Code!
Go to top